Mengenal Deretan Mobil yang Digunakan dalam Tragedi G30S PKI [Breaking News] Polri Tahan Putri Candrawathi Kecelakaan Maut di Sebamban Baru Tanbu, Truk Kontainer Timpa Pemotor Jarang Mencatat Laporan Keuangan, Jadi Penyebab UMKM Susah Naik Kelas BUMN Merugi, Siap-Siap Tak Terima Kucuran Dana PMN

Swoosh, Kisah di Balik Logo Nike yang Tak Sesimpel Bentuknya

- Apahabar.com     Rabu, 21 September 2022 - 17:30 WITA

Swoosh, Kisah di Balik Logo Nike yang Tak Sesimpel Bentuknya

Kisah di balik logo NIKE (Foto: statehouse)

apahabar.com, JAKARTA – Segelintir orang seringkali merasa bangga tatkala memakai sepatu ataupun apparel berlogo centang. Itulah Swoosh – logo Nike yang boleh dibilang paling ikonik dan bergengsi di dunia.

Logo yang nampak sederhana itu mampu membuat produk-produk sport ini laris manis. Malahan, di tengah krisis fiskal akibat pandemi covid-19, Swoosh sukses mendulang pendapatan sekitar USD37,4 miliar atau setara Rp537 triliun pada tahun 2020.

Namun, siapa sangka, di balik kemampuannya menghasilkan nominal fantastis, sang pembuat logo Swoosh hanya mendapat upah sebesar USD35 atau setara Rp470.000. Ditambah lagi, si pencetus logo kala itu bukanlah seorang profesional, melainkan masih berstatus mahasiswa.

Lantas, sebenarnya seperti apa kisah di balik pembuatan logo Nike? Melansir berbagai sumber, inilah rangkuman informasinya.

Buatan Pekerja Lepas yang Masih Berstatus Mahasiswa

Adalah Carolyn Davidson, mahasiswi seni grafis di Portland State University, yang mencetuskan logo Swoosh. Campur tangan Davidson bermula ketika salah seorang pendiri Nike Phil Knight, ‘mendekati’ mahasiswa tersebut saat dirinya sedang mengajar di kampus yang sama.

Knight mendengar bahwa Davidson tengah mencari pekerjaan sampingan guna membayar sebuah kursus. Dia pun menawarkan mahasiswi itu untuk membuat sejumlah grafis dengan bayaran kerja USD2 per jam.

Davidson menyetujui tawaran tersebut dan resmi menjadi pekerja lepas di perusahaan Knight. Hingga akhirnya, pada tahun 1971, Knight meminta sang mahasiswi untuk merancang ‘stripe’, yang merupakan istilah slang logo sepatu kala itu – merujuk pada Adidas.

“Knight suka garis (logo) Adidas. Itu jadi masalah buat saya. Di situ tantangannya, ketika kamu benar-benar suka sesuatu, cobalah untuk mendapatkan sesuatu itu dengan melihat dari sisi yang berbeda,” kenang Davidson, dikutip dari todayifoundout.com, Rabu (21/9).

Terinspirasi dari Dewi Nike

Davidson mengambil inspirasi dari Dewi Nike, yang merupakan dewi kemenangan dalam mitologi Yunani. Sosoknya yang bersayap mengilhami mahasiswi itu untuk membuat logo centang.

Meski nampak sederhana, logo Swoosh mengandung makna filosofis, di mana merujuk pada kecepatan dan gerakan. Bila diartikan, swoosh sendiri berarti ‘wusss’ yang bermakna secepat kilat, sebagaimana sang Dewi Nike yang mampu terbang dengan cepat.

Proses pembuatan logo tersebut pun terbilang cepat, di mana tak sampai memakan waktu sehari. Davidson berhasil merampungkan logo Swoosh hanya dalam kurun waktu 17,5 jam. Merujuk pada aturan upahnya per jam, maka mahasiswi ini mendapat bayaran sebesar USD35.

Nasib sang Pembuat Logo saat Ini

Knight awalnya tak terlalu suka dengan logo buatan Davidson. Namun, dia tetap mencoba memasarkan produknya dengan logo centang tersebut. Hasilnya, Nike berhasil mendunia.

Kesuksesan Nike seperti saat ini tentu tak terlepas dari logo centang ikoniknya. Untuk itu, Davidson pun diganjar upah yang lebih layak.

Dia diberikan sejumlah besar saham perusahaan tersebut yang bernilai sekitar Rp13,5 miliar. Serta, menerima cincin berlian dan emas.

Editor: Deasy Tirayoh - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Film Karya Anak Banua

Relax

BANGGA! Gelas Budaya Tapin Gelar Nonbar Film Karya Anak Banua

Relax

Terseret Kasus Binomo, 3 Artis Ini Dapat Sebaran Uang Doni Salmanan
Selamat! Arsy Hermansyah Borong 14 Penghargaan di Ajang WCOPA. Foto-Istimewa

Relax

Selamat! Arsy Hermansyah Borong 14 Penghargaan di Ajang WCOPA
Chainsaw Man, Spy x Family, My Hero Academia, Bleach

Relax

Deretan Anime Musim Gugur yang Patut Ditunggu, Mulai dari Chainsaw Man, Spy x Family, My Hero Academia hingga Bleach

Relax

Viral Wanita Ngaku Dipoligami Ternyata Cuma Ngarang Demi Konten, Cek Faktanya!
Prilly Latuconsina Beri Komentar Menohok Soal Jeje Slebew Ngamuk saat Diminta Foto. Foto-Istimewa

Relax

Prilly Latuconsina Beri Komentar Menohok Soal Jeje Slebew Ngamuk Diminta Foto

Relax

Sperma hingga Ganja, Ini Deretan Parfum dengan Aroma Teraneh di Dunia
Chef Arnold Umumkan Pamit dari MasterChef Indonesia, Netizen: Sedih!. Foto-Istimewa

Relax

Chef Arnold Umumkan Pamit dari MasterChef Indonesia, Netizen: Sedih!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com