Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao

Tren Beternak Scoby Kombucha, Piringan Membran yang Punya Sejuta Khasiat

- Apahabar.com     Kamis, 8 September 2022 - 16:37 WITA

Tren Beternak Scoby Kombucha, Piringan Membran yang Punya Sejuta Khasiat

apahabar.com, JAKARTA – Saat ini ada tren baru dalam memproduksi minuman sehat fermentasi. Bukan hanya pengolahannya yang terbilang unik, namun ada sesuatu yang bisa juga diternakkan dalam prosesnya.

Untuk bisa menjadikan teh fermentasi diperlukan adanya scoby, dilansir dari healthline.com, scoby merupakan massa yang kental, kenyah dan warnanya sedikit keruh. Scoby ini yang nantinya akan membantu proses fermentasi pada teh biasa sampai menjadi kombucha.

Letakkan Kombucha ke dalam wadah stoples berisi teh kemudian tutup dengan kain serupa saringan. Diamkan di suhu antara 23 hingga 26 derajat celcius dan hindari dari paparan sinar matahari secara langsung. Selama 2 sampai 4 minggu, scoby akan tampak terbentuk dan tumbuh.

Scoby disebut juga sebagai jamur, tapi sebetulnya nama scoby sendiri adalah singkatan dari “symbiotic cuture of bacteria and yeast”. Bahan ini digunakan dalam proses fermentasi dan produksi kombucha. Bentuknya sendiri seperti piringan dengan tektur yang kenyal dan memiliki aroma seperti cuka.

Asal-usul Teh Kombucha

Melansir dari berbagai sumber, teh kombucha bermula dari zaman kekaisaran Jepang, tepatnya pada pemerintahan kaisar Inkyo. Beliau memiliki penyakit sembelit yang tak kunjung sembuh sampai akhirnya pada tahun 414 SM, seorang tabib memberinya ramuah teh yang sudah difermentasi.

Ramuan tersebut ternyata terbukti manjur dan sang kaisar dapat sembuh dari penyakit sembelitnya, sebagai bentuk penghargaan sang kaisar, minuman tersebut pun diberi nama kombucha. Nama ini adalah gabungan dari “kombu” yang merupakan nama tabib tersebut dan “Cha” yang artinya teh dalam bahasa Jepang.

Editor: Deasy Tirayoh - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Istri Sultan Kertak Hanyar

Hot Borneo

Intip Kegiatan Istri “Sultan” Kertak Hanyar, Berenang-Kegiatan Peribadatan di Rumah Mewah

Relax

Pandemi Masih Ada, Masyarakat Mulai Abai Prokes?
Layanan Puskesmas Kosong

News

Viral Video Ibu dan Anak Meninggal Akibat Layanan Puskesmas Kosong, Cek Faktanya!

Relax

Dituding Ragukan Keaslian Cerita KKN di Desa Penari, Nessie Judge Buka Suara!
Ello

Relax

Gandeng Ello, Berikut Rekam Jejak Vokalis Dewa dari Masa ke Masa
Ariel NOAH

Relax

Tampil di Paris Fashion Week, Ariel NOAH Kenalkan Koleksi Brand Lokal Bertema “Traffic Light”

Relax

Risa Saraswati Dedikasikan Buku Horor Samex: Sawarga Malapetaka untuk Ibu

Relax

Selain Brigadir J, Ini Deretan Ajudan yang Sosoknya Menyita Perhatian
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com