Peringati HUT ke-31, Perumda Paljaya Kampanyekan Sanitasi Aman Sembari Bersepeda Bersama Tak Berhenti Mencoba, Muji Batola Sukses Tembus Babak 24 Besar Dangdut Adacemy 5 182.701 Orang Ditetapkan KPU Palangka Raya Sebagai DPB Kembalinya Sosok Pemain Nomor 9 Andalan Baru Timnas yang Sudah Lama Hilang Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Tekuk Curacao

Urgent! Kalteng Dikepung Pemasok Narkoba dari Darat, Laut & Udara

Polisi harus bekerja ekstra dalam memberantas peredaran narkoba di Kalimantan Tengah. Pasalnya, barang haram tersebut bisa masuk dari darat.
- Apahabar.com     Kamis, 1 September 2022 - 21:56 WITA

Urgent! Kalteng Dikepung Pemasok Narkoba dari Darat, Laut & Udara

Para tersangka saat digiring personel Ditresnarkoba Polda Kalteng. Foto-apahabar/Andre

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Polisi harus bekerja ekstra dalam memberantas peredaran narkoba di Kalimantan Tengah. Pasalnya, barang haram tersebut bisa masuk dari darat, laut hingga udara.

Dirnarkoba Polda Kalteng, Kombes Pol Nono Wardoyo mengatakan sepanjang periode Januari-Agustus 2022, pihaknya telah membongkar 470 kasus dengan jumlah tersangka 586 orang.

“Adapun barang bukti yang berhasil disita yakni sabu 27,84 kilogram, pil ekstasi 258 butir, ganja 96,23 gram, tembakau gorila 12,87 gram, karisoprodol 2.631 butir, dan obat daftar G 7.098 butir dengan berbagai merek,” ucap Kombes Pol Nono Wardoyo kepada awak media, Kamis (1/9).

Berdasarkan hasil penyelidikan, kata dia, narkoba masuk dari jalur darat, laut hingga udara.

Untuk jalur darat, narkoba didatangkan dari Kalimantan Barat melalui Lamandau, dan dari Kalimantan Selatan melalui Kapuas dan Barito Timur.

Selanjutnya jalur laut didatangkan dari Pulau Jawa dan Sumatera melalui Pelabuhan Sampit Kotawaringin Timur dan Pelabuhan Kumai Kotawaringin Barat.

Sementara untuk jalur udara didatangkan dari Jakarta dan atau Surabaya melalui Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya dan Bandara H. Asan Sampit Kotawaringin Timur.

“Modus operandi yang dilakukan para pelaku dan pengedar narkoba dengan cara jaringan terputus. Mereka mengunakan beberapa kurir yang tidak saling kenal dan transaksinya dengan cara “lempar” atau narkoba ditaruh di suatu tempat yang ditentukan, kemudian diambil kurir yang lain atau pembeli,” ungkapnya.

Bahkan demi mengelabui petugas, pelaku juga mengemas narkoba seperti jenis sabu ke dalam kemasan teh atau kaleng pakan burung.

“Tentunya jika dibandingkan dengan pengungkapan pada tahun sebelumnya, secara kuantitas jumlah kasus maupun tersangka mengalami penurunan. Hal ini karena 2022 baru berjalan sampai dengan Agustus. Namun berdasarkan kualitas, jumlah barang bukti mengalami kenaikan yang sangat signifikan,” bebernya.

Dalam dua bulan terakhir ini saja, ujar dia, Polda Kalteng berhasil mengungkap 96 kasus dengan jumlah tersangka 117 orang.

“Untuk barang bukti sabu 6,9 kilogram, ganja 96,23 gram dan karisoprodol 1.685 butir,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Robby - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pembobol Indomaret di Balikpapan

Hot Borneo

Mantan Pebalap Bobol Sejumlah Indomaret di Balikpapan
cuaca kalsel

Hot Borneo

Sejumlah Wilayah Kalsel Berpotensi Hujan Petir-Angin Kencang pada Malam Hari

Hot Borneo

‘Bau Amis’ Rasuah Pasar Alabio Dilaporkan ke KPK

Hot Borneo

Polres Tabalong Amankan Puluhan Dus Oli Yamalube Diduga Palsu
PDAM Bandarmasih

Hot Borneo

Pencurian Kabel Kambuh Lagi, Satu Kompleks Mati Air di Banjarmasin!
Tanbu

Hot Borneo

Nekat Edarkan Sabu, Remaja 18 Tahun Tanbu Dibekuk Polisi!
Truk Terbalik di Banjarbaru

Hot Borneo

Kronologis Truk Bermuatan Aki Terbalik di Banjarbaru
banjir kalteng

Hot Borneo

Selama September, Wilayah Kalteng Bakal Kerap Diguyur Hujan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com