Viral Keributan Suporter Futsal Antar Pelajar di Banjarbaru, Polisi Turun Tangan Rodney Goncalves; Pemain Barito Putera Harus Punya Rasa Marah dan Lapar Hasil MotoGP Jepang: Quartararo Melempem, Bagnaia Crash, Selisih Poin Semakin Menjauh Soal Konversi Kompor Gas ke Listrik, Begini Penjelasan ESDM Kalsel Kronologis Bocah 12 Tahun Ditemukan Meninggal Terseret Banjir Halong Balangan

Waspada! Penipuan Berkedok Rekrutmen Pertamina

- Apahabar.com     Selasa, 6 September 2022 - 17:22 WITA

Waspada! Penipuan Berkedok Rekrutmen Pertamina

Hati-hati penipuan berkedok rekturmen karyawan Pertamina. Foto-Pertamina

apahabar.com, BALIKPAPAN – Tindak penipuan berkedok rekrutmen karyawan Pertamina seliweran di media sosial.

Bahkan modusnya kini dikemas seolah-olah korban berhubungan langsung oleh perwakilan manajemen dari Pertamina yang berada di Jakarta.

Bukan tidak ada korban, di Balikpapan penipuan modus lowongan kerja (loker) Pertamina beberapa kali menyasar masyarakat yang mencari pekerjaan.

Salah satunya yang nyaris menjadi korban ialah eks wartawan media cetak dan online bernama Ryan Pramudya. Ia nyaris mentransfer sejumlah uang kepada pelaku yang mengaku manajemen Pertamina sebagai biaya ticket dan mobilisasi menuju kantor pusat Pertamina yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta Pusat.

Saat itu Ryan melamar pekerjaan untuk diterima sebagai karyawan Pertamina setelah mendapat info loker dari media sosial. Ryan yang baru saja mengundurkan diri dari perusahaan media itu kepincut untuk bergabung dengan Perusahaan milik negara itu.

“Lihat dari media sosial. Disuruh kirim email ke pcc135.pertamina@asia.com. Nah baru dapat email balasan hari ini (6/9), pas saya baca ada nama saya masuk dalam daftar yang diterima,” ujarnya.

Setelah itu, Ryan diminta mempersiapkan diri untuk pergi menjalani tahapan selanjutnya di Kantor Pertamina yang berada di Jakarta. Namun untuk sampai ke kantor tersebut, Ryan diminta memesan tiket melalui nomor yang telah diberikan di dalam email tersebut.

“Iya ada biayanya. Semua biaya transport, hotel nanti diganti oleh Perusahaan, begitu katanya,” tuturnya.

Tergiur untuk diterima di Pertamina, Ryan pun nyaris mentransfer sejumlah uang kepada pelaku. Namun temannya menghubunginya dan memastikan loker tersebut adalah palsu. Sehingga Ryan tak jadi melakukan transfer dan mengurungkan niat untuk melamar kerja di Pertamina.

“Iya, teman ada kasih tahu kalau ternyata loker ini palsu,” tandasnya.

Sementara itu Area Manager Communications Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Susanto August Satria juga membenarkan bahwa loker tersebut dipastikan palsu. Pasalnya dari bentuk surat yang diterima sudah dapat diketahui informasi itu palsu, yakni masih menggunakan nama pejabat lama. Terlebih alamat email yang disertakan juga bukan alamat email resmi Pertamina.

“Nggak ada alamat email ini di Pertamina. Nggak ada penerimaan karyawan baru, sudah lewat itu. Lagian juga direktur HRD nya juga bukan itu,” tegas Satria.

Selain itu Satria mengatakan bahwa pihak Pertamina tidak mengeluarkan pemberitahuan loker melalui media sosial selain dari platform resmi Pertamina. Pihak Pertamina juga tidak pernah meminta biaya sepeserpun dalam penerimaan karyawan baru.

“Itu penipuan, Pertamina nggak pernah minta duit. Pertamina juga nggak pernah kirim email selain @pertamina.com,” tambahnya.

Satria juga membeberkan bahwa dirinya juga telah banyak menerima aduan dari masyarakat terkait loker palsu tersebut. Bahkan sudah ada dua orang korban yang melapor kepadanya. Sehingga ia meminta masyarakat untuk waspada terhadap loker bermodus penerimaan karyawan Pertamina.

“Sudah ada 20 an yang nanya ini. Dan sudah ada dua korban yang melapor ke saya,” pungkasnya.

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hot Borneo

Tanpa Bantuan Daerah, Atlet Bulu Tangkis Kapuas Sabet Prestasi
Maliki

Hot Borneo

Sikap Pasrah Maliki Setelah Divonis Enam Tahun Penjara 

Hot Borneo

Siap-Siap, Tarif Penyeberangan Feri Kotabaru-Batulicin Akan Naik!
Touring Bhayangkara Polres Tabalong

Hot Borneo

Touring Bhayangkara Polres Tabalong, Serahkan Bantuan Pembangunan Masjid Nurul Yaqin Muara Uya
Jemaah Calon Haji Kalteng

Hot Borneo

710 Paspor Jemaah Calon Haji Kalteng Diserahkan ke Embarkasi Banjarmasin
Guru SD Kapuas Hilir

Hot Borneo

Guru SD di Kapuas Hilir Dilatih Menganyam Rotan dan Purun
Kebakaran

Hot Borneo

Kebakaran di Jalan SMP Martapura, Satu Rumah Dilalap Api
Line Dance Zumba Kapuas

Hot Borneo

Puluhan Emak-Emak di Kapuas Dikenalkan Olahraga Line Dance Zumba Party
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com