kesehatan

5 Kombinasi Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Kombinasi makanan yang tidak tepat justru akan memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Featured-Image
Jenis kombinasi makanan yang tidak sehat dikonsumsi bersamaan (Foto: dok. Infoku)

apahabar.com, JAKARTA - Asupan makanan bergizi tentunya memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun jangan salah, macam-macam makanan yang dikonsumsi sehari-hari tanpa disadari bisa berefek buruk bagi tubuh.

Salah satu contohnya adalah kebiasaan mencampur makanan yang tidak tepat. Mencampurkan dua atau lebih jenis makanan dalam suatu olahan memang hal yang sering terjadi.

Kombinasi makanan yang tidak tepat justru akan memberikan dampak buruk bagi tubuh hingga mengakibatkan sakit perut, perut kembung, lesu bahkan kelelahan kronik.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis kombinasi makanan yang berbahaya jika dikonsumsi secara bersamaan:

1. Tomat dan Timun

Ketika memasak, beberapa orang sering mencampurkan timun dan tomat untuk menjadikannya sebuah hidangan makanan. Ternyata tomat dan timun akan menjadi makanan yang beracun jika dikonsumsi secara bersamaan.

Hal tersebut terjadi karena keduanya akan bekerja melawan satu sama lain dalam pencernaan. Tomat merupakan sumber vitamin C, namun timun justru mengganggu penyerapan vitamin C.

Oleh karena itu, mengkonsumsi timun dan tomat secara bersamaan dapat menghilangkan manfaat tomat bagi tubuh.

2. Kacang dan Keju

Kacang dan keju biasanya menjadi kombinasi saat membuat roti panggang untuk dijadikan sarapan. Namun, kombinasi kedua makanan tersebut dapat meningkatkan permasalahan kesehatan yang berhubungan dengan pencernaan, salah satunya kembung.

Jika Anda memiliki sistem pencernaan yang lemah, tidak dianjurkan untuk menggabungkan kacang dan keju tersebut.

3. Daging dan telur

Mencampurkan daging dan telur diyakini oleh beberapa orang memiliki manfaat protein yang banyak bagi tubuh.

Padahal sistem pencernaan manusia bekerja baik pada satu jenis protein saja. Maka dari itu, mengkonsumsi daging dan telur secara bersamaan tentunya bisa menyebebkan overdosis protein.

Gabungan kedua makanan ini akan membebani sistem pencernaan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

4. Telur dan susu kedelai

Telur merupakan makanan yang mengandung protein. Berbeda hal nya dengan susu kedelai yang dapat mengurangi aktifitas dari enzim protease yang digunakan oleh tubuh untuk membantu metabolisme protein.

Tubuh tidak akan mendapatkan sumber protein baik dari telur jika di konsumsi bersaman dengan susu kedelai.

5. Daging dan semangka

Semangka merupakan kategori buah yang dingin dalam makanan, sedangkan daging bersifat panas. Ketika dikonsumsi bersamaan, kandungan gizi dari daging akan menurun.

Selain itu campuran makanan ini akan membahayakan penderita asthenia limpa, karena dapat membahayakan energi dan mengganggu kesehatan jantung.

Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya