Banner
TRAVEL

7 Tips Menjadi Wisatawan Ramah Lingkungan

Eco-travel atau wisata ramah lingkungan bukan hanya sekadar wisata ke alam bebas, jauh dari pada itu konsep eco travel mempunyai makna yang lebih luas.

Featured-Image
Eco-travel atau wisata ramah lingkungan mengacu pada kegiatan wisata yang bertangggung jawab, terutama bagi kelestarian alam.

apahabar.com, JAKARTA - Eco-travel atau wisata ramah lingkungan bukan hanya sekadar wisata ke alam bebas, jauh dari pada itu konsep eco travel mempunyai makna yang lebih luas yakni mengacu pada kegiatan wisata yang lebih bertanggung jawab.

Anda tidak hanya menikmati keindahan destinasi wisatanya saja, akan tetapi turut menjaga kelestarian alam serta memberikan pengaruh positif terlebih bagi masyarakat setempat.

Berikut ini apahabar.com merangkumnya dalam 7 tips traveller ramah lingkungan melansir dari berbagai sumber, antara lain:

1. Hemat Listrik

Menghemat listrik menjadi salah satu upaya pelestarian lingkungan dan mengurangi emisi global, hal tersebut bisa dilakukan ketika menginap di hotel.

Anda dapat melakukan hal sederhana mulai dari mematikan televisi saat tidak ditonton, mematikan AC saat tidak dipakai serta listrik di kamar saat bepergian.

2. Hindari Penggunaan Barang Sekali Pakai

Dinilai praktis dan sederhana terlebih saat travelling, pemilihan barang sekali pakai menjadi salah satu penyebab utama pencemaran lingkungan. Anda dapat mengurangi penggunaan plastik dan barang sekali pakai termasuk saat berwisata.

Selain itu, anda juga dapat melakukannya dengan membawa alat makan sendiri, membawa botol minuman dan sedotan sendiri, serta membawa kantong belanja sendiri.

3. Pilihlah Layanan Fitur e-Ticket

Saat hendak mengunjungi objek wisata anda dapat mengutamakan memilih layanan fitur e-ticket, hal tersebut sebagai salah satu upaya sederhana dalam mengurangi penggunaan kertas.

Anda juga dapat memilih untuk tidak mencetak tiket perjalanan dan memaksimalkan fitur e-ticket di berbagai kesempatan seperti tiket penerbangan pesawat dan lainnya.

4. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Menjaga kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab dari pengelola wisata saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk wisatawan.

Anda dapat memulainya dengan melakukan hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya, demi menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah.

5. Bawa Barang Secukupnya

Membawa banyak barang akan berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan wisatawan, serta emisi karbon yang digunakan pesawat. Semakin berat beban yang diberikan semakin besar pula emisi karbon yang dikeluarkan.

Anda dapat membawa barang secukupnya dengan membawa barang penting dan esensial saja saat hendak berwisata.

6. Gunakan Transportasi Umum atau Perbanyak Jalan Kaki

Sektor transportasi menjadi salah satu penyumbat emisi karbon terbesar sehingga anda dapat memangkas penggunaan emisi karbon tersebut dengan beralih ke transportasi umum atau memperbanyak jalan kaki.

Hal demikian dapat juga dilakukan saat anda tengah berwisata, dengan melakukan hal tersebut dapat menjelajah tempat wisata lebih dalam.

7. Cinta Alam

Salah satu aspek dasar yang perlu dimiliki traveller yaitu kecintaan terhadap alam agar wisatawan dapat menjalankan apa yang dinamakan dengan wisata berkelanjutan.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan tidak merusak fasilitas objek wisata alam, sehingga penggunaan alam sebagai sarana rekreasi dan hiburan dapat disikapi dengan bijak serta segala tindakan yang bertanggung jawab menjaga kelestariannya.

Editor
Komentar
Trending PostsLainnya