Wisata Kalimantan Selatan

Air dan Langit Menyatu di Danau Biru

Danau Biru Pengaron berlokasi di Desa Sungkai, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Ini merupakan danau buatan, di mana mulanya adalah bekas cerukan tambang

Featured-Image
Pesona Danau Biru di Kalimantan Selatan. Foto: Net.

apahabar.com, JAKARTA - Birunya genangan air yang tak begitu luas tampak menyatu dengan langit. Tebing coklat kemerahan juga pepohonan rindang yang mengelilinginya turut menambah keindahan panorama di sana.

Begitulah kiranya kemolekan Danau Biru Pengaron yang berlokasi di Desa Sungkai, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Terletak di wilayah pedalaman, sejuknya udara dan embusan angin sepoi-sepoi juga mampu membuat pengunjung enggan bergeser.

Namun, siapa sangka, keindahan yang demikian rupanya bukanlah hasil ‘alami.’ Danau Biru Pengaron merupakan danau buatan, di mana mulanya adalah bekas cerukan tambang yang terus menerus terisi air hujan.

Kendati begitu, air di Danau Biru Pengaron sangat jernih, sampai-sampai pelancong dapat melihat berbagai jenis ikan berenang di dalamnya. Ini sekaligus mengindikasikan bahwa air tersebut bebas pencemaran limbah.

Butuh 2 Jam Perjalanan dari Banjarmasin

Untuk menikmati keindahan Danau Biru Pengaron, setidaknya wisatawan harus menempuh jarak sekitar 80 km atau dua jam dari Banjarmasin. Meski demikian, Anda tak bakal merasa bosan.

Sebab, di sepanjang perjalanan, Anda akan melihat pemandangan alam liar dan pedesaan khas Kalimantan Selatan. Panorama tersebut berupa hamparan sawah nan hijau, sekaligus kehidupan tradisional warga pedesaan.

Selain itu, Anda juga bakal disuguhi pemandangan hutan liar khas Kalimantan yang penuh rawa dan tanaman liar, seperti jenis paku-pakuan, karamunting, ilalang, dan sebagainya. Tidak perlu khawatir, kawasan rimbun itu aman dari binatang berbahaya dan tidak angker.

Kendati terletak di pedalaman, pelancong setidaknya tak akan merasa kesulitan untuk sampai di sana. Pasalnya, akses menuju lokasi wisata telah diperbarui, sehingga terasa ‘halus’ untuk dilewati berbagai jenis kendaraan. 

Karena akses menuju lokasi wisata lebih mulus dibandingkan sebelumnya, alhasil wisatawan dapat menjangkaunya menggunakan kendaraan pribadi, seperti sepeda motor maupun mobil, dengan lancar tanpa hambatan.

Melepas Penat sembari Menyantap Kudapan

Sesampainya di Danau Biru Pengaron, rasa lelah Anda agaknya bakal terbayarkan dengan panorama yang begitu menyejukkan mata. Keindahan itu akan terasa semakin ‘nikmat’ bila dilakukan sembari mengisi perut.

Di sana, wisatawan dapat menemukan sejumlah warung yang menawarkan aneka makanan juga minuman. Aneka menu yang disajikan cukup beragam, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai keinginan.

Sayangnya, fasilitas di sekitar Danau Biru Pengaron masih terbilang sederhana. Sebab, masyarakat setempat lah yang mengelola objek wisata tersebut. Jadi, tertarikkah Anda untuk mengunjungi objek wisata ini?

Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya