Pemilu 2024

Alissa Wahid Sindir Politikus, Hanya Jadikan Gusdurian Modal untuk Menang Pemilu

oordinator Nasional Jaringan Gusdurian, Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid, menyindir perilaku para politikus yang hanya menyebut nama Gusdurian jika membutuhkan

Featured-Image
Alissa Wahid. Foto-Net.

apahabar.com, JAKARTA - Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian, Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid, menyindir perilaku para politikus yang hanya menyebut nama Gusdurian jika membutuhkan suaranya menjelang pemilu.

Ia mengkritik keras model komunikasi seperti itu karena nama 'Gusdurian' dan 'rakyat' justru absen disebut ketika para politikus itu sudah terpilih dan dalam proses membagi-bagi kekuasaan.

"Perilaku politisi yang tak pernah menyebut nama Gusdurian ketika mereka sedang menikmati fasilitas negara atas nama rakyat dan ketika sedang bagi-bagi kekuasaan. Tetapi nama Gusdurian disebut bersama dengan rakyat ketika diperlukan suaranya dalam coblosan massal bangsa ini," kata Alissa melalui keterangan resminya di Jakarta, Jumat (18/8).

Baca Juga: Survei Vokpol: Gerindra Geser Elektabilitas PDIP di Pemilu 2024

Putri sulung Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) menilai fenomena ini terjadi lantaran elite politik hanya menyebut rakyat pada musim-musim pemilu saja. Sebab, mereka tengah sibuk mendekati rakyat karena sebentar lagi akan berkontestasi atas nama rakyat.

Baginya, kondisi ini terjadi karena rakyat hanya dilihat sebagai modal yang bisa dieksploitasi untuk mendapatkan kekuasaan.

Meski begitu, Alissa berpendapat nama Gusdurian yang disebut-sebut oleh politikus jelang Pemilu 2024 justru sebagai sebuah hikmah. Ia menilai kondisi ini menjadi sebuah penanda Gusdurian dianggap dekat dan terus bersama rakyat.

"Tapi saya yakin, para Gusdurian sebagai murid Gus Dur tentu memiliki kearifan. Tidaklah cukup hanya mendekati keluarga Gus Dur untuk memenangkan suara dan dukungan seorang Gusdurian. Sebab seorang Gusdurian telah memiliki panduan untuk memilih pemimpin ideal bagi dirinya," tuturnya.

Baca Juga: PDIP Masih Perhitungkan Erick Thohir jadi Cawapres Ganjar

Belakangan ini beberapa pihak terlihat mendekati keluarga Gus Dur jelang Pemilu. Salah satunya adalah NasDem yang terang-terangan mengatakan Putri Gus Dur Yenny Wahid masuk kriteria pendamping bakal capres Anies Baswedan.

Tak hanya itu, belakangan ini bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo juga terlihat berkunjung menemui Istri Gus Dur, Sinta Nuriyah di kediamannya di Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (13/8) lalu.

Editor
Komentar
Trending PostsLainnya
Banner
Banner