Haul Ke-18 Guru Sekumpul

Aman! Akses ke Lokasi Haul Guru Sekumpul bisa Lewat Sungai

Guna mencegah kemacetan jalan, panitia haul ke-18 Abah Guru Sekumpul juga menawarkan akses melalui sungai.

Featured-Image
Akses haul ke-18 Abah Guru Sekumpul dari hasil survei. Foto: apahabar.com/Hasan

apahabar.com, BANJARBARU - Guna mencegah kemacetan jalan, panitia haul ke-18 Abah Guru Sekumpul di Kampung Keramat atau kediaman Gubernur Kalimantan Selatan, juga menawarkan akses melalui sungai.

Menjelang haul yang dilaksanakan 26 Januari 2022, panitia telah melakukan pemetaan jalur menuju lokasi penyelenggaraan dalam rapat koordinasi di Gedung Idham Chalid, Banjarbaru, Kamis (12/1).

Untuk jalur darat, akses utama menuju Kampung Keramat akan melewati Jalan Ahmad Yani dan Martapura Lama.

Jemaah yang menggunakan roda dua dari Banjarmasin, diarahkan melewati Jalan Martapura Lama. Sedangkan roda empat melalui Jalan Ahmad Yani. Kemudian jalan akan ditutup sejak pukul 12.00 Wita hingga selesai acara.

Selain melalui darat, panitia juga menyiapkan jalur sungai. Persiapan ini dilakukan untuk mengantisipasi kendaraan yang akan memadati Jalan Ahmad Yani maupun Martapura Lama.

Baca Juga: Kata Sekda Soal Pemprov Kalsel Tak Anggarkan Haul Guru Sekumpul

"Khusus jalur sungai, jemaah bisa menggunakan perahu karet yang disediakan di Ponpes Darussalam hingga ke titik utama acara," papar Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, Jumat (13/1).

"Selain alternatif akses jemaah, jalur sungai juga dapat digunakan untuk mengangkut suplai logistik dan kondisi emergensi, terutama apabila jalur darat padat," imbuhnya.

Baca Juga: Perkiraan Kapasitas Jemaah di Lokasi Haul Ke-18 Guru Sekumpul

Untuk mendukung kesiapan akses melalui sungai, Dinas Lingkungan Hidup Kalsel menyediakan kubus apung sebagai dermaga pendamping.

"Kami mempunyai kubus apung seluas sekitar 39 meter persegi. Ini dapat digunakan untuk memperluas dermaga yang sudah tersedia," sahut Hanifah Dwi Warna, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel.

Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya