Setting Proxy WhatsApp

Cara Setting Proxy WhatsApp di Android dan iPhone

Aplikasi WhatsApp mengumumkan layanan pesan instannya sudah bisa tersambung ke server proxy sebagai penyaring antara pengguna ke layanan website.

Featured-Image
Setting proxy di WhatsApp. apahabar.com/DF

apahabar.com, JAKARTA - Aplikasi WhatsApp mengumumkan layanan pesan instannya sudah bisa tersambung ke server proxy sebagai penyaring antara pengguna ke layanan website.

Jika menggunakan proxy, maka pengguna WhatsApp bisa mengatasi sensor atau larangan terhadap situs tertentu dan memungkinkan tetap bisa mengirim dan menerima pesan meski tak ada konektivitas internet seperti diblokir atau terganggu.

"Artinya, kami menyerahkan kekuatan ke tangan orang-orang untuk mempertahankan akses ke WhatsApp jika koneksi mereka diblokir atau terganggu," tulis WhatsApp, Jumat (6/1).

Untuk diketahui kehadiran Proxy berawal dari situasi di negara Iran yang kurang bersahabat sehingga membuat komunikasi lewat aplikasi perpesanan itu menjadi sulit.

Baca Juga: Deretan HP yang Tidak Bisa Gunakan WhatsApp Tahun 2023, Ada Punya Kamu?

Melihat keadaan tersebut, pada September 2022 WhatsApp mengumumkan di Twitter bahwa perusahaan mengambil langkah-langkah melindungi hak penggunanya untuk mengakses pesan pribadi dan bekerja dengan menjaga layanan tetap berjalan untuk pengguna Iran.

Pemerintah Iran memang berusaha untuk melakukan blokir aplikasi. Untuk menjaga ketersediaan layanannya, WhatsApp menuliskan kabar dalam posting blog baru bahwa perusahaan memperkenalkan fitur Proxy dalam pengaturan di WhatsApp.

“Harapan kami untuk tahun 2023 adalah agar penutupan internet ini tidak pernah terjadi. Gangguan seperti yang telah kami lihat di Iran selama berbulan-bulan tanpa henti mengingkari hak asasi manusia dan menghentikan orang untuk menerima bantuan mendesak," kata WhatsApp.

Proxy WhatsApp aman?

WhatsApp mengatakan bahwa meskipun pengguna terhubung melalui proxy, mereka tetap menjunjung "privasi dan keamanan tingkat tinggi" dan "pesan pribadi pengguna akan tetap dilindungi oleh enkripsi end-to-end."

Kendati begitu, aplikasi milik Meta ini mengatakan bahwa penggunaan proxy pihak ketiga akan membagikan alamat IP pengguna dengan penyedia proxy karena proxy pihak ketiga tidak disediakan oleh WhatsApp.

Baca Juga: Efek Messi dan Argentina, WhatsApp dan Instagram Pecahkan Rekor Dunia

Proxy WhatsApp ini diluncurkan untuk pengguna di seluruh dunia baik di Android maupun iPhone.

Untuk terhubung ke server Proxy melalui WhatsApp, buka Pengaturan > Penyimpanan dan Data > Proxy. Jika Proxy belum diblokir, tanda centang hijau akan muncul, menandakan bahwa Anda sekarang dapat menggunakan WhatsApp melalui proxy.

Cara setting proxy di HP ada di halaman selanjutnya...

HALAMAN
12
Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya