prakiraan cuaca

Dua Hari Mendatang Wilayah Kaltim Diprakirakan Hujan Petir

BMKG memprakirakan sembilan wilayah di Provinsi Kalimantan Timur mengalami hujan lebat hingga petir yang dapat disertai angin kencang pada Selasa-Rabu.

Featured-Image
Hujan petir di Kalimantan Timur diperkirakan akan terjadi dua hari ke depan. (Foto: dok. tribun)

apahabar.com, JAKARTA - BMKG memprakirakan sembilan wilayah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur mengalami hujan lebat hingga petir yang dapat disertai angin kencang pada Selasa-Rabu (22-23/11).

Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Yudha Satrio Oktavandi mengatakan warga diminta waspada terhadap dampak yang terjadi.

"Peristiwa ini dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan," ujarnya dikutip antara, Senin (22/11).

Informasi prakiraan cuaca ini telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya ke masyarakat.

Baca Juga: Soal Gempa Cianjur, Kepala BMKG: Masih Ada Potensi Gempa Susulan!

Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, hanya Kota Samarinda yang tidak mengalami hujan lebat maupun hujan petir, namun kota ini mengalami hujan ringan merata di 10 kecamatan mulai Selasa sekitar pukul 17.00 wita hingga Rabu dini hari.

Sedangkan sembilan wilayah yang diprakirakan hujan petir, antara lain Kota Balikpapan pada Selasa sekitar pukul 17.00 wita terjadi di Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan Barat, dan Balikpapan Utara.

Sekitar pukul 20.00 hujan petir terjadi di lima kecamatan, hanya Kecamatan Balikpapan Kota yang cerah, pada Rabu dini hari hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Balikpapan Selatan dan Balikpapan Tengah.

Kabupaten Berau pada Selasa sekitar pukul 14.00 wita, hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Kelay dan Segah, pukul 17.00 hujan lebat hingga hujan petir di Kecamatan Tanjung Redeb, Derawan, Tabalar, Biatan, Gunung Tabur, Sambaliung, Talisayan, dan Teluk Bayur.

Baca Juga: Sukseskan KTT G20, BMKG Taburi Langit Bali 29 Ton Garam

Pada Rabu dini hari hingga sekitar pukul 05.00 wita, hujan petir berpotensi terjadi juga di Kecamatan Kelay dan Segah, pukul 17.00 hujan lebat hingga hujan petir di Kecamatan Tanjung Redeb, Derawan, Tabalar, Biatan, Gunung Tabur, Sambaliung, Talisayan, dan Teluk Bayur.

"Untuk Kota Bontang pada Rabu dini hari hingga sekitar pukul 05.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Kecamatan Bontang Utara," tutup Yudha.

Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya