Banner
OTOMOTIF

Langkah Sederhana Melindungi Cat Mobil agar Tetap Kinclong

Cat mobil yang sering terpapar air hujan bisa cepat berjamur dan akhirnya terlihat kusam. Lakukan coating untuk melindungi cat.

Featured-Image
Lindungi cat mobil dengan coating agar tetap kinclong. Foto: Suzuki.

apahabar, JAKARTA – Banyak pengguna mobil mengeluhkan kerusakan cat bodi mobil pada saat musim hujan. Hal ini terjadi karena, permukaan cat mobil, terus menerus terpapar air hujan.

Pengaruh zat asam yang terkandung pada air hujan, pada kondisi tertentu akan menimbulkan waterspot atau jamur yang kahirnya akan merusak cat mobil. Unutk itu perlu perawawatan intensif cat mobil pada saat musim hujan.

Menurut Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, Hariadi mengatakan saat musim hujan, pengendara harus ekstra hati-hati dan lebih memperhatikan kondisi dan tampilan kendaraannya.

"Melindungi cat bisa dilakukan dengan coating cat mobil agar tampilan eksterior kendaraan tetap terjaga, awet, dan tidak pudar. Coating cat mobil dapat Anda lakukan di penyedia jasa layanan coating cat mobil terdekat,” kata Hariadi melalui keterangan resminya yang diterima, Kamis (8/12)

Baca Juga: Curiga, Satpam Bidakara Sempat Kirim Foto Mobil Ferry ke PMI, Tanya Ini Mobil Siapa?

Salah satu langkah yang bisa diambil untuk melindungi cat mobil adalah memberikan coating cat pada mobil. Coating diperlukan karena akan meutup pori cat mobil. Biasanya lapisan yang digunakan adalah ceramic coating yang terdiri dari campuran silikon dioksida, polysilazane dan bahan pelarut lainnya.

Manfaat dari coating adalah menghindarkan cat mobil dari waterspot atau jamur, melindungi bodi dari goresan halus, mempertahankan keawetan cat mobil agar tidak cepat kusam.

Pengaplikasian coating pada tidak berarti masalahnya selesai. Pemilik mobil perlu merawat coating agar tetap menjadi pelindung utama cat bodi mobil.

Setelah melakukan coating pada cat mobil, pemilik mobil juga disarankan untuk tetap melakukan perawatan mandiri lainnya untuk menjaga cat mobil tetap awet. Berikut langkah perawwatan coating cat bodi.

Baca Juga: Mengenal Jenis Oli yang Biasa Dipakai untuk Mobil

Usahakan untuk melakukan pencucian mobil apabila telah terkena air hujan. Jika tidak terkena air hujan, pengendara juga sebaiknya tetap melakukan pencucian mobil secara rutin untuk menghindari adanya kotoran yang menempel.

Perhatikan jenis cairan pembersih yang digunakan. Pastikan pengendara menggunakan shampo khusus mobil yang dibuat dengan bahan khusus untuk cat mobil, sehingga tidak merusak car bodi.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketika mengeringkan eksterior yang basah gunakan lap dari bahan microfiber yang memiliki permukaan lembut dan daya serap tinggi

Perhatikan air yang digunakan untuk mencuci mobil. Hindari menggunakan air yang memiliki kadar besi yang tinggi karena akan merusak lapisan coating cat mobil.

Editor
Komentar
Trending PostsLainnya