tips kesehatan

Manfaat Tidur Cukup demi Wajah Sehat dan Glowing

Memiliki kulit wajah yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Tak jarang, beragam cara dilakukan seperti perawatan di klinik kecantikan.

Featured-Image
Manfaat tidur cukup untuk kecantikan (Foto: dok. Beautynesia)

apahabar.com, JAKARTA - Memiliki kulit wajah yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Tak jarang, beragam cara dilakukan seperti perawatan di klinik kecantikan, pemakaian skincare secara rutin, dan cara-cara lainnya.

Namun tahukah Anda bahwa untuk mendapatkan kulit sehat tak hanya perawatan dari luar saja. Sebab menerapkan pola hidup yang sehat, seperti rajin berolahraga, minum air putih, dan tidur yang cukup ternyata berpengaruh pada Kesehatan kulit.

Meski terdengar sepele, waktu yang digunakan untuk tidur setidaknya 8 jam setiap malam bisa membuat kulit sehat dan aura kecantikan dalam diri Anda terpancar.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat tidur untuk kulit yang sehat ternutrisi:

1. Mengurangi kantong mata

Kekurangan tidur bisa membuat kantong mata Anda muncul bahkan garis-garis halus atau kerutan pada wajah tampak jelas. Dengan tidur yang cukup permasalahan tersebut bisa tersamarkan.

Baca Juga: Tips Memanfaatkan Daun Seledri untuk Kecantikan

Hal ini terjadi karena pada saat tidur, tubuh melakukan perbaikan jaringan tubuh yang rusak termasuk kulit. Maka dari itu, penuhilah waktu istirahat Anda dengan tidur yang cukup.

2. Memperbaiki jaringan kulit

Seharian bekerja atau beraktifitas di luar ruangan yang terpapar langsung dengan matahari akan membuat kulit Anda lelah.

Dengan tidur, memungkinkan proses perbaikan jaringan kulit berjalan lancar sehingga kulit menjadi sehat. Selain itu, penelitian menjelaskan kalau tidur malam yang cukup dapat memperlambat proses penuaan pada kulit.

3. Wajah terlihat segar

Kulit kusam dan munculnya garis-garis halus pada wajah dapat terjadi jika Anda kekurangan tidur. Kurang tidur juga bisa meningkatkan produksi hormon kortisol.

Baca Juga: Kanye West Dicoret dari Daftar Orang Terkaya Gegara Anti-Semit, Apa Itu?

Bila jumlah hormon itu bertambah, maka zat protein yang membuat kulit kenyal seperti kolagen bisa menjadi rusak.

Oleh sebab itu, tidur yang cukup memiliki peranan penting pada tubuh. Tubuh akan memproduksi kolagen serta hormon pertumbuhan yang berfungsi untuk memperbaiki sel dan jaringan pada kulit.

4. Penyerapan skincare lebih efektif

Produk skincare yang mengandung retinol atau retinoic acid adalah produk yang digunakan khusus di malam hari. Dengan tidur yang cukup, memudahkan penyerapan produk skincare menjadi lebih efektif.

5. Kulit glowing

Saat tidur, tubuh mengeluarkan kolagen dan hormon melatonin. Hormon ini adalah hormon yang berperan dalam mengatur waktu tidur Anda.

Baca Juga: Jadi Pusat Muslim Korea Selatan, Begini Sejarah Itaewon yang Tewaskan Ratusan Orang

Pada malam hari, melatonin akan menghasilkan lebih banyak untuk membantu kulit Anda menjadi lebih glowing.

Melatonin juga mengandung antioksidan sehingga dapat memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk kulit.

Pada saat Anda tidur, tubuh dapat meningkatkan aliran darah serta pembentukkan sel baru saat membersihkan darah yang dapat membuat kulit menjadi lebih cerah.

Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya