GIIAS 2023

Mengulik Audio Premium Yamaha yang Dibenamkan pada SUV Mitsubishi XForce

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi meluncurkan Compact SUV terbaru mereka, yakni Mitsubishi XForce di GIIAS 2023.

Featured-Image
Mengulik audio premium Yamaha pada Mitsubishi XForce. Foto: dok. MMKSI

apahabar.com, TANGERANG - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi meluncurkan Compact SUV terbaru mereka, yakni Mitsubishi XForce dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

SUV ringkas 5-seater ini akan diproduksi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan dijadwalkan untuk dipasarkan di negara-negara ASEAN lainnya, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika.

Mobil pesaing dari Honda HR-V dan Hyundai Creta ini hadir tak hanya menawarkan desain eksterior futuristis dan interior modern, tapi juga sudah dibekali dengan kualitas audio yang mumpuni berkat sematan Dynamic Sound Yamaha Premium.

Baca Juga: Penampilan Mitsubishi XForce pada World Premiere di GIIAS 2023

Menurut Executive Vice President Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Hiroshi Nagaoka, pihaknya mencoba berusaha mengeksplorasi setiap sisi kendaraan. Hal itu juga termasuk pemasangan audio pada mobil yang menjadi salah satu aspek penentu kenyamanan dan pengalaman berkendara.

"Sebenarnya kami sudah berdiskusi dengan banyak perusahaan audio, bukan hanya Yamaha. Kami menilai Yamaha memang punya kapabilitas teknologi yang baik karena mereka memiliki home audio premium," ujarnya saat sesi media di arena GIIAS 2023, belum lama ini.

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa kualitas audio yang dikembangkan bersama Yamaha untuk menjawab kebutuhan pelanggan di wilayah ASEAN atau Asia Tenggara.

"Bagian interior kendaraan yang berfungsi sebagai ruang dengar akan memiliki kualitas audio yang optimal, yang akan mengeluarkan kemampuan terbaik dari speaker yang terpasang," jelasnya.

Baca Juga: Keunggulan Fitur Mitsubishi XForce Dibanding Kompetitor

Nagaoka menambahkan, sound system ini tidak hanya akan menyesuaikan volume suara, namun juga kualitasnya, sehingga akan tetap memperdengarkan suara bass yang terasa hidup, serta nada-nada yang jernih, meski saat mobil dikendarai di permukaan jalan yang kasar.

"Perbedaan Yamaha dengan perusahaan teknologi lainnya, adalah Yamaha memproduksi instrumen musik. Maka dari itu dianggap lebih mengerti sisi audio dan karakteristiknya," bebernya.

Dynamic Audio Yamaha Premium yanh dibenamkan apda Mitsubishi XForce. Foto: dok. MMKSI
Dynamic Audio Yamaha Premium yanh dibenamkan apda Mitsubishi XForce. Foto: dok. MMKSI

Chief Technology Engineer Mitsubishi Motors Corporation, Hiroshi Sugiyama menjelaskan bahwa audio yang dirancang pada Mitsubishi XForce kualitasnya setara atau bahkan lebih baik dari audio premium.

“Apa yang saya ingin perhatikan khususnya adalah kejernihan dan tingginya rentang frekuensi tinggi. Kejernihan mengacu pada kejelasan dan reproduksibilitas,” kata Sugiyama.

Baca Juga: The New SUV Mitsubishi Siap Meluncur di GIIAS, Begini Kata Komunitas

Menurutnya, perbedaan terbesar antara audio mobil, audio rumah, dan gedung konser adalah mobilitasnya. Bergerak berarti lingkungan suara sekitar berubah.

"Bagaimana cara mengatasi suara yang berubah tersebut, itu lah adalah tantangan besar bagi kami para insinyur," ucap Sugiyama.

Dikatakan Sugiyama, sebelum SUV ini meluncur, perusahaan sudah melakukan uji coba dengan beberapa penyetelan untuk meningkatkan kualitas suara dan mengatasi kebisingan yang masuk ke kabin saat berkendara.

“Kami memperhatikan sisi kendaraan yang akan mengintegrasikannya. Misalnya, kekokohan panel pintu tempat speaker dipasang. Jika permukaan tempat speaker dipasang goyah, suara yang solid tidak akan dihasilkan,” ungkapnya.

Baca Juga: The New SUV Mitsubishi Diperkenalkan Perdana di Indonesia, Intip Tampangnya

Audio Yamaha Premium pada Mitsubishi XForce - apahabar.com
Audio Yamaha Premium pada Mitsubishi XForce. Foto: dok. MMKSI

Untuk diketahui, Dynamic Sound Yamaha sistem ini terdiri dari delapan speaker, dengan tweeter depan di pilar A pada kedua sisi, woofer di pintu depan, dan speaker coaxial dua arah di pintu belakang.

Saat volume dan kualitas suara yang disesuaikan dengan kecepatan kendaraan, penumpang dapat menikmati mid dan high yang terdefinisi dengan baik dan bass yang dinamis, bahkan di jalan yang kasar.

Tak hanya itu, guna menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih maksimal, sound system juga menawarkan empat tipe suara yang dapat dipilih sesuai dengan selera musik dan suasana hati, mulai dari Lively, Signature, Powerful, Relaxing, serta fitur Speed Compensated Volume (SCV).

Secara rinci soal tipe suara, pertama Livery yang direkomendasikan oleh Mitsubishi Motors karena bisa membangkitkan semangat tidak peduli bagaimana suasana hati.

Baca Juga: Cara Mitsubishi Motors Dukung Perkembangan Anak Lewat Kontes Gambar

Kedua ada signature, yang diklaim meningkatkan frekuensi rendah dan tinggi. Tipe ini disetel oleh Yamaha, dengan niat untuk menyoroti suara halus alat musik dan vokal. Saat pengemudi ingin berkonsentrasi mendengarkan musik instrumental.

Ketiga, ada powerful, meningkatkan frekuensi rendah dan sedikit membatasi frekuensi tinggi. Saat pengemudi ingin mendengar suara kuat, mendengarkan dengan tipe ini pasti akan membawa kepercayaan diri.

Dan yang terakhir ada Relaxing, yang bisa meredam frekuensi rendah yang kuat dan frekuensi tinggi.

Mitsubishi XForce rilis di GIIAS 2023. Foto: dok. MMKSI
Mitsubishi XForce rilis di GIIAS 2023. Foto: dok. MMKSI

Selain audio premium, pabrikan berlogo tiga berlian ini juga menawarkan berbagai fitur keselamatan seperti empat airbag (driver, passenger dan side airbags), serta paket fitur fitur ADAS.

Baca Juga: Mitsubishi dan Anak-Anak Panti Asuhan Berbaur Bersama di Pantai Ancol

Paket ADAS mencakup Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring System, dan lainnya.

Lalu ada juga fitur Avionic Mode yang biasa ditemukan di pesawat jet tempur di mana pilot jet tempur menggunakan informasi avionic untuk mendapatkan komunikasi, navigasi, serta manajemen pesawat jet tempur.

Dengan adanya fitur ini pengemudi bisa mengetahui posisi mobil di daerah ketinggian, sudut mobil yang tengah berjalan, hingga navigasi.

Selain itu, ada juga fitur Active Yaw Control. Ini merupakan teknologi yang didapat Mitsubishi Motors saat membuat mobil balap legendaris Mitsubishi Motors Lancer Evolution, dan kini dibenamkan pada Mitsubishi XForce.

Baca Juga: Mitsubishi Motors Buka 2 Diler Baru di Jabodetabek, Tawarkan The New SUV

Teknologi ini terpakai saat melewati jalan yang licin, di mana Active Yaw Control bisa meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin.

Mitsubishi XForce hadir dengan dua varian seperti Ultimate CVT dan juga Exceed CVT. Ultimate CVT dijual dengan harga Rp412,9 juta on the road Jakarta dengan warna Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic.

Sedangkan untuk Exceed CVT dijual dengan harga Rp379 juta dengan pilihan warna Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic.

Editor
Komentar
Trending PostsLainnya