Wisata Kalimantan Selatan

Menjajaki Bukit Teletubbies di Kalimantan Selatan

Bukit Rimpi merupakan sebuah perbukitan penuh padang savana hijau yang dihiasi hamparan rumput

Featured-Image
Bukit Rimpi di Kalimantan Selatan. Foto: HelloIndonesia.

apahabar.com, JAKARTA - Kalau Anda pernah menonton Teletubbies, pasti sudah tak asing dengan gundukan tanah nan hijau yang ikonik. Siapa sangka, bukit serupa juga ada di dunia nyata. Itulah Bukit Rimpi yang berlokasi di Pelaihari, Kalimantan Selatan.

Bukit Rimpi merupakan sebuah perbukitan penuh padang savana hijau yang dihiasi hamparan rumput. Sejauh mata memandang, Anda bakal disuguhi panorama bak nuansa pegunungan di New Zealand.

Bagaimana tidak, udara sejuk berhembus di tengah hamparan hijau yang luas. Ditambah lagi, gerombolan hewan ternak yang sedang mencari makan menambah asrinya pemandangan di Bukit Rimpi.

Bukit Teletubbies, begitu sebutan lainnya, juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit. 

Butuh Perjuangan Ekstra

Sebelum menikmati pemandangan yang demikian, Anda perlu mengeluarkan ‘perjuangan’ ekstra. Sebab, medan untuk mencapai puncak Bukit Rimpi terbilang sedikit terjal. 

Bukit Rimpi yang serupa dengan perbukitan hijau di film anak Teletubbies. Foto: IndonesiaKaya.
Bukit Rimpi yang serupa dengan perbukitan hijau di film anak Teletubbies. Foto: IndonesiaKaya.

Terlebih lagi, jalur pendakian belum dilengkapi tangga atau alat yang dapat membantu Anda berpegangan saat menanjak naik. Karena itulah, Anda mesti mengeluarkan tenaga yang tak sedikit.

Mengingat Bukit Rimpi belum sepenuhnya dikelola sebagai tempat wisata, fasilitas di sana kurang lengkap. Oleh karena itu, Anda disarankan membawa perlengkapan sendiri, seperti memakai sandal gunung, mengenakan jaket, atau membawa bekal.

Kendati begitu, bukan berarti sama sekali tak ada fasilitas memadai di Bukit Rimpi. Terdapat beberapa fasilitas penunjang bagi para pengunjung, seperti warung makan, lahan parkir, dan toilet di sekitar lahan area parkir warga setempat.

Akses Menuju Bukit Rimpi

Untuk sampai ke Bukit Rimpi, setidaknya memakan waktu sekitar dua jam dari Banjarmasin menuju Pelaihari. Meski objek wisata ini terletak di desa, kondisi jalan menuju ke sana cukup bagus.

Adapun bagus yang dimaksud ialah jalanan sudah beraspal halus. Dilengkapi pula dengan papan penunjuk dan spanduk agar Anda tidak tersesat.

Sesampainya di lokasi, Anda dapat langsung memarkirkan kendaraan di lahan parkir yang telah disediakan. Dari tempat parkir kendaraan, pengunjung masih harus berjalan kaki sekitar 200 m ke kaki bukit untuk menuju lokasi utamanya.

Sementara itu, soal biaya, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati panorama Bukit Rimpi. Pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000 beserta biaya parkir kendaraan. 

Untuk parkir kendaraan roda dua, tarif parkirnya sebesar Rp5.000. Sedangkan, kendaraan roda empat dikenakan tarif sebesar Rp10.000. Jadi, tertarik berkunjung ke Bukit Rimpi?

Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya