Tips Mengusir Laron

Musim Hujan Banyak Laron, Ini Tips Mengusirnya

Memasuki musim hujan, gerombolan laron mulai menyerbu pemukiman warga. Serangga itu mengerubungi sumber cahaya, seperti lampu bohlam, saat sore dan malam hari. 

Featured-Image
Kerumunan laron di musim hujan. Foto: Dok. Suara.com.

apahabar.com, JAKARTA - Memasuki musim hujan, gerombolan laron mulai menyerbu pemukiman warga. Serangga itu mengerubungi sumber cahaya, seperti lampu bohlam, saat sore dan malam hari. 

Laron sendiri merupakan serangga jenis rayap yang tinggal di bawah tanah. Saat hujan turun, sarang laron menjadi lembab dan dingin, sehingga mengharuskannya bergerak mencari tempat lebih hangat.

Sofyan dalam penelitian Pemaknaan Koleksi Serangga Museum Zoologicum Bogoriense dari Sudut Pandang Ethno-Entomologi menyebut koloni laron terbang saat hari-hari pertama musim hujan untuk mengeringkan diri.

Selain mencari tempat hangat, keluarnya laron menuju sumber cahaya juga sebagai ritual mencari pasangan. Mereka terbang lambat dengan menggantungkan badan di bawah sayapnya.

Karena faktor-faktor itulah, menjadi lumrah bila Anda menjumpai gerombolan laron mengitari lampu bohlam atau televisi di rumah-rumah. Kalau sudah demikian, lantas apa yang mesti dilakukan?

Merangkum berbagai sumber, berikut sederet tips mengusir kerumunan laron yang mengerubungi sumber cahaya di rumah:

Jebakan Air

Salah satu cara paling sederhana untuk mengusir laron ialah menjebaknya dengan semangkuk air. 

Siapkan ember, baskom, atau mangkuk berisi air. Kemudian, letakkan di bawah lampu tempat laron berkerumun.

Air tersebut bakal memantulkan cahaya terang dari lampu. Dengan begitu, laron akan mendekat dan terjebak di dalam wadah air.

Semprotan Sabun Cair

Sabun cair juga cukup efektif membasmi laron. Sebab, jika cairan itu menempel di tubuh laron, serangga ini tak bisa bergerak lalu jatuh dari ketinggian. 

Caranya pun sederhana. Masukkan sabun cair, utamanya sabun cuci piring, ke dalam botol semprot. Tambahkan sedikit air, lalu kocok sebentar.

Semprotkan cairan sabun ke arah laron, kemudian tunggu beberapa saat hingga serangga ini jatuh ke lantai.

Semprotan Cuka

Selain sabun cair, cuka juga mampu membasmi laron. Kandungan zat asam di dalamnya sangat efektif membunuh laron dan rayap begitu tersentuh. 

Caranya, tuangkan cuka dan air ke dalam botol semprot. Kocok sebentar, kemudian semprotkan cairan langsung ke arah laron.

Namun, untuk menggunakan cara yang satu ini, Anda perlu ekstra hati-hati saat menyemprot. Sebab, salah-salah malah bisa terkena mata.

Gantungkan Cabai

Masih bersumber dari bahan dapur, cabai bisa pula mengusir laron. Kandungan capsaicin di dalamnya dapat merusak sistem saraf, pencernaan, serta menyebabkan iritasi pada tubuh laron. 

Adapun cara menggunakan bahan ini untuk mengusir laron juga mudah. Cukup iris beberapa cabai dan gantungkan di dekat lampu yang penuh kerumunan laron.

Cabai yang telah dibelah ini bakal mengeluarkan aroma yang menyiksa laron. Sehingga, dapat membuatnya berjatuhan di lantai.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir laron di rumah. Semoga bermanfaat!

Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya