kesehatan

Perokok Wajib Coba! 5 Makanan Pembersih Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ tubuh yang berperan penting dalam proses pernapasan. Sayangnya, organ ini mudah rusak dikarenakan polutan, salah satunya asap rokok.

Featured-Image
Makanan Pembersih Paru-Paru (Foto: dok. Getty Images)

apahabar.com, JAKARTA - Paru-paru merupakan organ tubuh yang berperan penting dalam proses pernapasan. Sayangnya, organ ini mudah rusak dikarenakan polutan, salah satunya asap rokok.

Bukan hanya asap rokok, udara sekitar yang terpapar saat beraktivitas juga dapat membuat paru-paru jadi kotor sehingga proses pernapasan terasa berat.

Untuk mengantisipasi efek dari paru-paru yang terpapar polusi, upaya membersihkan paru-paru bukan hal yang tak mungkin. Cara inipun bisa membantu peningkatan stamina paru-paru. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Merangkum dari berbagai Berikut ini makanan yang dapat anda konsumsi untuk membersihkan paru-paru:

1. Apel 

Mengutip dari SehatQ, apel merupakan buah yang di dalamnya terdapat berbagai nutrisi seperti nitrat, kalium, vitamin C, falvonoid, beta karoten, lutein.

Hal ini menjadikan apel tersebut sangat bagus dikonsumsi untuk membersihkan paru-paru serta menjaga kesehatan imun tubuh.

2. Kunyit 

Mengutip alodokter, kunyit merupakan rempah yang bisa dijadikan makanan pembersih paru-paru. Sebab kunyit mengandung senyawa kurkumin yang berperan sebagai antioksidan dan antiradang.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di sciencedirect membuktikan kalau zat anti peradangan dan anti oksidan pada kunyit bisa meredakan infeksi paru-paru.

3. Tomat

Mengkonsumsi tomat juga dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Sebab dalam tomat terdapat kandungan vitamin C yang cukup banyak. Jenis makanan ini juga menjadi sumber nutrisi yang sarat dengan likopen dan antioksidan karotenoid.

Sebuah data penelitian pada 2017 menunjukkan dengan mengonsumsi tomat dapat mengurangi peradangan saluran pernapasan bagi penderita asma dan meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK).

4. Ikan salmon

Ikan salmon terbukti dapat membantu membersihkan bakteri yang bisa menyebabkan peradangan paru. Karena terdapat asam lemak omega-3 pada ikan salmon tersebut. 

Seorang profesor dari fakultas kedokteran University of Rochester, telah menguji asam lemak omega-3  pada tikus, hal ini teruji dapat membantu meningkatkan fungsi pada paru-paru.

5. Yoghurt

Dalam sebuah penelitian dari Shahid Beheshti University yang menunjukkan manfaat yoghurt. Bahwa dari 46 perenang wanita, terbukti dengan mengkonsumsi  yoghurt dapat mengurangi risiko gejala infeksi pernapasan yang sering diderita oleh perenang.

Itulah daftar makanan yang dapat dikonsumsi untuk membersihkan paru-paru. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya