kesehatan

Praktis! Diet Jadi Menyenangkan dengan Buah-Buahan

Diet bisa dilakukan dengan menyenangkan, salah satunya rajin mengonsumsi buah-buahan. Buah memiliki rasa manis alami yang akrab di lidah.

Featured-Image
Buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk diet (Foto: dok. DetikHealth)

apahabar.com, JAKARTA – Diet seringkali identik dengan peraturan ketat dan ‘menyiksa’, seperti larangan mengonsumsi makanan asin yang tinggi kandungan garam. Tentu tak enak, bukan, jika harus menyantap panganan hambar setiap hari?

Program ini sebenarnya bisa dilakukan dengan cara lain yang lebih mudah, salah satunya rajin mengonsumsi buah-buahan. Buah memiliki rasa manis alami yang akrab di lidah, sehingga diet pun tak bakal terasa berat dan menyiksa.

Selain itu, buah juga kaya akan kandungan serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Serta, mengandung beragam vitamin dan mineral yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh selama diet.

Tertarik mencoba diet dengan buah-buahan? Berikut ulasan mengenai lima buah yang mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

1. Apel 

Apel mengandung 85% air, 5% serat, serta rendah kalori dan lemak. Kandungan tersebut mampu menjaga kadar gula tetap stabil dan membuat proses pencernaan lebih lambat, sehingga Anda tidak akan cepat merasa lapar.

Buah ini juga mengandung quercetin, yaitu kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan. Nutrisi itu disinyalir dapat melawan berbagai jenis kanker, mencegah kerusakan sel, serta menjaga fungsi paru-paru dan jantung.

2. Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan tersebut bahkan bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan produksi kolagen yang baik untuk kesehetan.

Tak cuma itu, kandungan pektin pada serabut putih jeruk juga bisa mengontrol gula darah. Sehingga, buah ini sangat aman untuk dikonsumsi penderita diabetes yang ingin menurunkan berat badan.

3. Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik asam oleat yang berfungsi menunda lapar. Kandungan lemak tidak jenuh tunggal itu juga mampu mengontrol kadar gula darah, menurunkan kadar kolesterol darah, serta meningkatkan jumlah kolesterol baik.

Selain mengandung lemak baik, alpukat juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Dalam 100 gram alpukat, terkandung sekitar tujuh gram serat, 15 gram lemak baik, folat, dan vitamin B6.

4. Pisang

Sama seperti apel, buah berwarna kuning ini juga mampu memperlambat proses pencernaan lantaran mengandung serat yang tinggi. Selain itu, pisang mengandung antioksidan, kalium, magnesium, mangan, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C.

Buah padat kalori ini juga memiliki glikemik indeks (GI) yang rendah. Sehingga, dapat membantu mengontrol kadar insulin dan berat badan, utamanya bagi penderita diabetes.

5. Buah Beri

Beri-berian seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry mengandung serat yang tinggi. Buah ini juga mengandung antioksidan yang menjaga tubuh dari berbagai penyakit, sehingga tetap sehat selama berdiet.

Itulah 5 buah yang murah, enak, dan bagus untuk mendukung program diet. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan di atas sebagai camilan atau menu diet sehari-hari. Selamat mencoba! 

Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya