Merdeka Dalam Keberagaman

Rayakan Kemerdekaan, Warga Kampung Akuarium: Ini Merdeka Sesungguhnya

Warga Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara tak ingin ketinggalan dalam memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Featured-Image
Warga Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara yang memaknai hari kemerdekaan ke 78, pada Kamis (17/8). (Foto: apahabar.com/Ryan)

apahabar.com, JAKARTA - Warga Kampung Susun Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara tak ingin ketinggalan dalam memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Peringatan HUT kemerdekaan tahun ini, sekaligus merupakan hari jadi yang kedua bagi warga Kampung Susun Akuarium.

Ketua RT Kampung Akuarium atau RT 012 RW 04 Kelurahan Penjaringan Topas Juanda menjelaskan, peringatan hari jadi Kampung Akuarium yang berbarengan dengan HUT Kemerdekaan RI dan telah mulai dirayakan sejak tahun 2021. Warga memaknai momen tersebut sebagai sesuatu yang sakral karena berdampak besar terhadap terhadap masa depan mereka.

Pada 17 Agustus 2021, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan operasional Kampung Susun Akuarium. Sejak saat itu, warga tidak bisa melepaskan kehadiran Kampung Susun Akuarium sebagai bagian dari kemerdekaan yang sesungguhnya.

Baca Juga: Semringah Penganut Kaharingan Kotabaru Sambut Kemerdekaan

"Yang disebut merdeka adalah merdeka bertempat tinggal yang layak dan bertempat tinggal yang aman. Aman dalam arti, kita tidak dipindahkan," terang Topas kepada apahabar.com, Kamis (17/8).

Topas juga mengungkapkan, saat ini, masih banyak warga yang dulunya menempati Kampung Akuarium namun hingga kini belum bisa kembali ke Kampung Akuarium, karena pembangunan rusun belum rampung sepenuhnya.

Karena itu, Topas berharap agar pemerintah segera merampungkan pembangunan Kampung Susun Akuarium menjadi lima blok. Dengan demikian bisa menampung seluruh warga yang menjadi korban gusuran di tahun 2016.

Baca Juga: Makna Kemerdekaan bagi Jemaat Rumah Doa Bekasi

"Jadi kemerdekaan yang bersama. Jadi berkumpul lagi setelah pascapenggusuran, itu merdeka bagi kami di sini," ujar Topas.

Sebagai wujud syukur akan arti kemerdekaan yang sesungguhnya, pagi tadi, warga Kampung Susun Akuarium menggelar upacara bendera peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. Usai upacara, mereka melanjutkannya dengan aneka lomba yang diikuti oleh anak-anak dan orang dewasa.

"Jadi memaknai kemerdekaan bagi anak-anak juga ternyata berjuang untuk mendapatkan hadiah itu susah," tandasnya.

Editor
Komentar
Trending PostsLainnya