Banner
haul guru sekumpul

Terpesona, Sandiaga Uno Bakal Hadiri Haul Guru Sekumpul ke-18

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan gelaran Haul Guru Sekumpul menjadi wisata rohani bagi masyarakat.

Featured-Image
Menteri Sandi saat menyaksikan langsung atraksi Titi Tali oleh pemuda Rampa Kotabaru. Foto- Masduki

apahabar.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bakal menghadiri Haul Guru Sekumpul ke-18 di Kampung Keramat, Martapura Timur, Kalimantan Selatan.  

Sandi melihat perhelatan akbar memeringati wafatnya Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani berpotensi menjadi ajang wisata religi yang sangat besar.

"Haul Guru Sekumpul ini bisa menggerakkan ekonomi masyarakat tentunya Kalimantan Selatan," ujarnya saat ditemui usai peresmian Sekretariat Bersama (Sekber) Gerindra-PKB di Menteng, Jakarta Pusat, Senin siang (23/11). 

Baca Juga: Jambi Wisata Religi, Sekumpul Jadi Role Model Menteri Sandi

Baca Juga: [CEK FAKTA] Haul ke-18 Guru Sekumpul Digelar di Musala Ar-Raudhah

Bakal ada banyak orang dari berbagai daerah berkumpul dalam acara akbar tersebut. Estimasi panitia penyelenggara yang merupakan ahli waris, jemaah yang bakal hadir tak kurang dari 60 ribu banyaknya.   

Maka, gelaran akbar Haul Guru Sekumpul yang sempat tertunda dua tahun lamanya akibat pandemi Covid-19 di Kalimantan Selatan tersebut dinilainya mampu menggerakan perekonomian masyarakat sekitar.

"Tentu saja bisa menggerakkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Belum, Wapres Ma'ruf Amin Siap Hadiri Haul ke-18 Guru Sekumpul

Ditanya apakah hadir dalam Haul Guru Sekumpul pada 26 Januari nanti tersebut, asal diundang Sandi mengaku siap hadir.

"Saya akan hadir, saya belum menerima undangan, nanti saya cek," kata Sandi.

Haul Guru Sekumpul bukan hal asing bagi Sandi. 2019 silam, Sandi sudah pernah datang dan berdoa bersama lautan jemaah di kawasan Musala Ar-Raudah. 

Sandi mengaku terpesona dengan keakraban dan kedamaian di Kalimantan Selatan. Saat itu, ia juga menyoroti geliat dan aktivitas ekonomi yang terjadi di Martapura berkenaan dengan Haul Abah Guru Sekumpul.

"Beliau seorang tokoh yang sangat menginspirasi kehidupan masyarakat di Kalimantan Selatan," jelasnya.

Baca Juga: Sosok Guru Sekumpul di Mata Prabowo Subianto

Seperti diwartakan sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin direncanakan menghadiri Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul yang tahun ini digelar di kediaman pribadi Sahbirin Noor. 

Haul Guru Sekumpul adalah acara tahunan yang diselenggarakan untuk memeringati hari wafatnya Muhammad Zaini Abdul Ghani atau yang kerap disapa Abah Guru Sekumpul. Haul diadakan setiap 5 Rajab dan dipusatkan di Musala Ar-Raudhah Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Editor
Komentar
Trending PostsLainnya