Piala AFF 2022

Sekjen PSSI: FIFA Izinkan Timnas Indonesia Gunakan Stadion GBK, Konser Tak Boleh

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi memastikan FIFA mengizinkan Timnas Indonesia gunakan SUGBK di Piala AFF 2022, tapi tak memperbolehkan konser.

Featured-Image
Sekjen PSSI pastikan Timnas Indonesia boleh gunakan Stadion Gelora Bung Karno (Foto: apahabar.com/ Farhan)

apahabar.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi memastikan FIFA mengizinkan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk Piala AFF 2022, namun tidak memperbolehkan untuk konser.

Hal tersebut diungkapkan oleh Yunus, setelah PSSI menerima surat balasan dari FIFA terkait dengan proses perizinan penggunaan SUGBK untuk Timnas Indonesia.

“Iya, benar (FIFA Mengizinkan penggunaan SU GBK). Untuk kepentingan sepak bola FIFA mengizinkan,” kata Yunus kepada apahabar.com, Rabu (30/11) siang.

Lebih lanjut, dalam surat tersebut FIFA mengatakan tak ingin ada pergelaran konser di GBK sebelum Piala Dunia U-20 2023 berlangsung.

Baca Juga: Polandia vs Argentina Bukan Ajang Lewandowski vs Messi

Dalam surat elektronik yang dikirimkan oleh Men’s Tournament Manager FIFA, Christian Schomlzer kepada PSSI menyebutkan bahwa kondisi rumput GBK menjadi pertimbangan.

FIFA tak ingin kualitas rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno menurun saat Piala Dunia U-20 2023 karena digunakan untuk dua konser secara berdekatan.

“Setelah berkonsultasi dengan FIFA Pitch Management, kami menginformasikan bahwa kami tidak bisa menerima agenda (di SUGBK) yang akan berlangsung,” tulis FIFA dalam suratnya.

Baca Juga: Cody Gakpo, Mesin Gol Muda Tim Nasional Belanda

“Mengadakan dua konser dalam beberapa hari kegiatan penyiapan dan pembongkaran di lapangan permainan tentu akan membuat kualitas lapangan menurun yang akan menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana,” tambah FIFA.

Dalam surat tersebut, FIFA meminta kepada PSSI untuk dapat menyampaikan masukan pihaknya kepada Manajemen Stadion GBK.

Perpindahan markas Timnas di Piala AFF 2022 yang sebelumnya dari Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi ke Stadion GBK lantaran proses renovasi Stadion GBK telah rampung dikerjakan.

Lebih lanjut ditanyakan soal perizinan penggunaan SUGBK ke Manajemen GBK, Sekjen PSSI mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak GBK.

“Sementara masih dalam proses koordinasi untuk perizinan kepada pihak manajemen GBK,” kata Yunus.

Sekedar informasi, Timnas Indonesia akan mejalani dua laga kandang Piala AFF 2022 melawan Kamboja dan Thailand.

Laga tersebut diagendakan akan digelar pada tanggal 23 dan 29 Desember mendatang. Nantinya Timnas Indonesia akan menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno sebagai laga kandang mereka.

Saat ini, Skuad Garuda sedang menjalani pemusatan latihan di Bali dalam persiapan menjelang turnamen Piala AFF 2022.

Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya