kesehatan

Sering Diabaikan! 5 Makanan Ini Memicu Asam Urat Kambuh

Penderita asam urat kerap mengeluhkan nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Featured-Image
Makanan yang memicu asam urat (dok. Anlene)

apahabar.com, JAKARTA - Penderita asam urat kerap mengeluhkan nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Melansir WebMD, tubuh manusia memproduksiasam urat setelah memecah zat yang disebutsebagai purin.

Purin sendiri merupakan hasil metabolism protein yang dapat membentuk kristal asam urat yang menumpuk pada persendian tangan, ginjal, hinggasaluran kencing.

Peradangan pada sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar purin inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada penderita asam urat. 

Untuk itu, perlu diketahui beberapa asupan makanan yang mengandung kadar purin tinggi agar dapat diantispasi lebih dini. Dan merangkum dari berbagai sumber, berikut jenis makanan yang perlu dihindari oleh penderita asam urat:

1. Jeroan sapi dan kambing

Jeroan merupakan organ dalam tubuh hewan seperti sapi atau kambing yang kerap dikonsumsi sebagai bahan makanan seperti otak, babat, limpa, serta usus.

Namun di balik kenikmatan rasanya, ternyata jeroan mengandung kadar purin yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan, jeroan mengandung purin berkisar 174,2 mg per 100 gram.

2. Daging sapi dan kambing

Selain jeroan, sebagian besar masyarakat Indonesia juga menyukai daging sapi dan kambing yang mengandung kadar purin yang terbilang tinggi. Sebab keduanya memiliki kandungan purin di atas 100 mg per 100 gram daging mentah. 

2. Sarden dan ikan teri

Sarden dan teri memiliki kadar purin yang cukup tinggi. Ikan teri kering mengandung purin yang paling tinggi, yaitu mencapai 1.108,6 mg per 100 gram, sedangkan ikan sarden segar mengandung 210,4 mg purin. Dengan kandungan tersebut maka disarankan agar penderit asam urat tidakmengkonsumsinya.

4. Alkohol

Mengkonsumsi terlalu banyak minuman alkohol berisiko merusak kesehatan. Salah satunya, bisa memicu serangan asam urat.

Minuman alkohol memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Sehingga  dapat menurunkan kemampuan ginjal untuk menyaring asam urat serta mengakibatkan penumpukan. 

5. Kacang merah, kacang hijau, dan tauge

Mengkonsumsi kacang hijau, kacang merah, dan tauge tidak disarankan bagi penderita asam urat.

Sebab, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi kacang merah, kacang hijau, dan tauge dapat meningkatkan kadar purin di dalam tubuh. 

Itulah daftar makanan yang harus dihindari pada penderita asam urat. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

 

 

Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya