Piala Dunia 2022

Tersingkir di Piala Dunia, Luis Enrique Mundur dari Pelatih Spanyol

Luis Enrique menyatakan mundur dari jabatannya sebagai pelatih timnas Spanyol usai tersingkir dari Piala Dunia 2022 di babak 16 besar

Featured-Image
Luis Enrique mundur dari pelatih timnas Spanyol (Foto: Reuters)

apahabar.com, JAKARTA –Luis Enrique mundur dari jabatannya sebagai pelatih tim nasional Spanyol usai tersingkir di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

“RFEF ingin mengucapkan terima kasih ke Luis Enrique dan staf pelatihnya yang memimpin Timnas Spanyol dalam beberapa tahun terakhir,” tulis pernyataan RFEF di situs resminya, Kamis (8/12).

“RFEF dengan penuh semang mendoakan yang terbaik untuk Luis Enrique dan timnya dalam proyek profesional mereka di masa depan. Pelatih mendapatkan cinta dan kekaguman dari rekan-rekannya di tim nasional dan seluruh Federasi, yang akan selalu menjadi rumahnya,” tutup pernyataan RFEF.

Baca Juga: Kejutan! Maroko Singkirkan Spanyol Lewat Adu Penalti

La Furia Roja julukan Spanyol, harus pulang dan mengakhiri langkahnya di Piala Dunia 2022 usai menelan kekalahan dari Maroko lewat drama adu penalti.

Bermain di Stadion Education City, Selasa (6/12) lalu, kedua tim sempat bermain imbang sebelum akhirnya  tim Singa Atlas berhasil keluar sebagai pemenang lewat babak adu penalti.

Pasalnya, dalam babak adu penalti tersebut, seluruh penendang La Furia Roja tak ada satupun yang berhasil menggetarkan gawang Yassine Bounou.

Ketiga eksekutor penalti Spanyol yaitu Pablo Sarabia, Carlos Soler, dan Sergio Busquets. Seluruh algojo tim Matador itu gagal menunaikan tugasnya dengan baik.

Selepas pertandingan tersebut, ex pelatih Barcelona itu menyebut skuad arahannya sudah tampil maksimal di laga itu. Ia menegaskan, kekalahan tersebut sepenuhnya adalah tanggung jawab dirinya.

Baca Juga: Maroko dan Spanyol Imbang Tanpa Gol di Babak Pertama

Untuk diketahui, Luis Enrique ditunjuk sebagai pelatih timnas Spanyol sejak 2018. Dalam menangani La Furia Roja, dirinya dianggap sukses melakukan regenerasi dan berani mengandalkan sejumlah pemain muda berbakat.

Di tangan dinginnya Enrique, La Furia Roja berhasil menembus babak semifinal Euro 2020 dengan meengandalkan para pemain muda.

Namun, pada ajang Piala Dunia 2022, Enrique dibanjiri kritikan karena tak membawa sejumlah pemain senior seperti David De Gea dan Sergio Ramos.

Bersama Enrique, timnas Spanyol telah meraih 26 kemenangan, 14 kali imbang, dan 7 kali kalah dari 47 pertandingan yang mereka jalani.

Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya