Tips Perjalanan

Tips Anti Nyasar saat Traveling ke Tempat Baru

Traveling ke tempat baru memberi keseruan tersendiri. Namun, mengunjungi tempat baru juga punya tantangan yakni potensi tersesat lantaran tidak mengenali medan.

Featured-Image
Tips melakukan perjalanan ke destinasi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Foto: Dok. Tempo.

apahabar.com, JAKARTA - Traveling ke tempat baru memberi keseruan tersendiri. Namun, mengunjungi tempat baru juga punya tantangan, yakni potensi tersesat lantaran tidak mengenali medan.

Terlebih, jika Anda melakukannya secara solo traveling, maka perlu ketelitian dan fokus selama perjalanan agar tidak nyasar.

Kendati di zaman sekarang ada banyak bantuan yang bisa diperoleh untuk seorang traveler. Namun sebagai manusia ada kalanya kita lengah atau tidak memerhatikan sekitar, sehingga tersesat di jalan.

Berikut tips agar perjalanan ke tempat baru yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar:

1. Gunakan bantuan peta

Anda perlu menyiapkan peta daerah destinasi yang dikunjungi. Untuk mempermudah, di smartphone pun sudah tersedia aplikasi maps yang bisa dimanfaatkan. Maps di smartphone tentu lebih praktis dan mudah karena telah dilengkapi GPS.

Namun, ada kalanya maps menemui kendala, sehingga tak ada salahnya tetap membawa peta daerah yang dikunjungi. Antisipasi perlu selama perjalanan di lokasi yang baru.

2. Perhatikan petunjuk jalan

Jeli melihat dan membaca arah jalan menjadi kunci agar Anda tidak tersesat. Papan petunjuk arah jalan sangat membantu perjalanan bagi orang yang berada di tempat baru.

Anda juga bisa membaca nama-nama jalan, dan menghapalkannya, terutama jalan-jalan yang telah lewati. Hal itu membantu ketika perjalanan pulang.

3. Malu bertanya sesat di jalan

Banyaklah bertanya pada masyarakat lokal jika Anda merasa ada informasi penting mengenai arah atau lokasi yang belum diketahui, sehingga bisa membantu kamu menemukan tempat tujuan.

Namun, informasi dari satu orang bisa saja salah, sehingga perlu memastikan lagi dengan bertanya kepada orang lokal yang berbeda.

4. Gunakan brosur

Apabila Anda punya brosur tempat wisata, simpan baik-baik, karena bisa saja akan kamu pakai saat Anda tersesat dalam perjalanan.

Brosur bisa sangat membantu sebagai petunjuk untuk bertanya kepada warga sekitar. Selain itu, seringkali di brosur itu ada denah lokasi tempat wisata yang Anda tuju.

5. Menjadikan foto sebagai jejak

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan ponsel untuk memotret patokan jalan atau jejak perjalanan di tempat baru. Cara ini bisa sangat membantu dalam mengingat lokasi dan arah jalan ketika pulang dari tempat tujuan.

Itulah sejumlah tips yang dapat Anda terapkan ketika melakukan perjalanan ke tempat baru. Selamat mencoba!

Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya