Banner
Tips Otomotif

Tips Berkendara Nyaman dengan Optimalkan Beragam Fitur di Mobil

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memberikan beragam tips berkendara aman dan nyaman yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Featured-Image
Ioniq 5 sebagai satu lini kendaraan dengan fitur Hyundai SmartSense. Foto: dok. HMID

apahabar.com, JAKARTA - Tingkat kesibukan dan mobilitas yang tinggi membuat kendaraan pribadi banyak dipilih sebagai alat transportasi utama.

Untuk mendukung mobilitas tersebut, kendaraan tentu harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara saat berlalu lalang di tengah kepadatan lalu lintas.

Memahami kebutuhan tersebut, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memberikan beragam tips berkendara aman dan nyaman yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pastikan kendaraan dalam kondisi prima

Umumnya, semua kendaraan membutuhkan perawatan berkala. Cara merawatnya bisa dimulai dengan hal yang paling sederhana seperti menggunakan bahan bakar yang sesuai, memeriksa kelayakan ban, melakukan pemeriksaan rem, mengecek dan mengisi air radiator hingga mengganti oli secara berkala.

Baca Juga: Inden Ioniq 5 Kini Lebih Cepat, Hyundai Klaim Paling Lama 6 Bulan

Disiplin berlalu lintas

Sebagai pengguna jalan raya, salah satu hal yang wajib dilakukan oleh pengendara adalah disiplin dalam berlalu lintas. Usahakan untuk mengatur kecepatan dalam berkendara.

Berkendara dalam kecepatan yang tinggi meningkatkan risiko terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jangan lupa untuk selalu mengenakan sabuk pengaman dan jangan menggunakan ponsel saat berkendara.

Optimalkan fitur-fitur di mobil

Mobil keluaran Hyundai dilengkapi fitur Hyundai SmartSense, sebuah sistem asisten pengemudi yang mampu membantu meningkatkan aspek keselamatan dalam berkendara serta menciptakan perilaku sadar berkendara yang aman.

Setidaknya, terdapat delapan fitur Hyundai SmartSense yang dapat membantu pengemudi dalam berkendara, yaitu Surround View Monitor (SVM) dan Blind-Spot View Monitor (BVM) yang membantu pengemudi melihat area sekeliling dengan menampilkan titik buta pengemudi melalui layar monitor dan panel cluster.

Baca Juga: Hyundai Pastikan Ketersediaan Spare Part, Lewat 24 Jam Tak Perlu Bayar

Hyundai SmartSense juga memiliki teknologi Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) yang selain memberikan pantauan titik buta, juga akan memberikan peringatan saat mendeteksi ada mobil lain yang melintas serta melakukan pengereman otomatis jika diperlukan.

Forward-Collision-Avoidance Assist (FCA) akan membantu menghentikan kendaraan secara otomatis dalam situasi tertentu saat sistem mendeteksi risiko tabrakan dengan kendaraan yang ada di depan.

Ada juga teknologi Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) yang mampu mendeteksi objek lain di belakang mobil.

Biasanya, RCCA diperlukan saat mobil dalam kondisi bergerak mundur terutama saat keluar dari tempat parkir atau dari area yang tidak terlihat.

Baca Juga: Hyundai Creta Dynamic Black Edition Meluncur di IIMS 2023

Hyundai juga memiliki Driver Attention Warning (DAW), yang bisa memberikan peringatan ketika tanda-tanda kelalaian pengemudi dan menyarankan pengemudi untuk istirahat jika diperlukan.

Lalu Safe Exit Assist (SEA) yang berfungsi mendeteksi dan memberikan peringatan ketika ada objek yang melintas dari sisi belakang saat penumpang sedang membuka pintu.

Teknologi lainnya pada mobil Hyundai, fitur Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA) yang membantu kendaraan agar tetap berada di jalurnya.

Baca Juga: Hyundai Targetkan Jual 4,32 Juta Unit Kendaraan Sepanjang 2023

Serta Smart Cruise Control with Stop and Go Function (SCC w/ S&G) memungkinkan mobil untuk mempertahankan jarak yang ditentukan dari kendaraan depan dan secara otomatis menyesuaikan kecepatan ke batas yang telah ditentukan.

Perlu diingat bahwa semua fitur tersebut diciptakan untuk membantu berkendara, bukan memungkinkan kendaraan menjalan fungsi self-driving atau swakemudi. Untuk itu, semua kendali dan keputusan utama tetap ada pada pengemudi.

Editor
Komentar
Trending PostsLainnya