Tips memilih jas hujan

Tips Memilih Jas Hujan, Hindari yang Model Ini

Tips memilih jas hujan jangan asal-asalan, pilih yang dapat melindungi Anda dari kebasahan, bahkan juga keselamatan saat berkendara sepeda motor.

Featured-Image
Meski terkesan sepele, memilih jas hujan sangat penting agar Anda tetap aman dan selamat sampai tujuan. (Foto: sis)

apahabar.com, JAKARTA – Tips memilih jas hujan jangan asal-asalan, pilih yang dapat melindungi Anda dari kebasahan, bahkan juga keselamatan saat berkendara sepeda motor.

Mantel hujan atau jas hujan bisa dikatakan sebagai baju tempur para pengguna motor di kala musim hujan.

Namun, memilih baju tempur tersebut tidak boleh sembarangan, perhatikan kualitasnya, sehingga bisa berguna dan berfungsi dengan baik.

“Ketika pengemudi memilih jas hujan sebaiknya jangan asal. Selama ini mungkin dianggap sepele, karena hanya digunakan saat musim hujan,” kata Hariadi, Assistant Service Department Head PT Suzuki Indomobil Sales, melalui keterangannya beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Hariadi turut memberikan beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih jas hujan.

Hindari Menggunakan Jas Hujan Model Ponco

Meski banyak orang yang tidak memperhatikan model jas hujan karena dianggap tidak penting, ternyata model jas hujan dapat mempengaruhi fungsi dan keselamatan bagi pengendara.

“Pengendara sebaiknya menghindari model jas hujan ponco karena dapat membahayakan keselamatan,” ujar Hariadi.

Menurutn dia, dengan desain yang seperti jubah, bagian bawah jas hujan ponco dapat tersangkut di roda ataupun gir rantai sepeda motor.

Selain itu, kata dia, jas hujan model ‘Batman’ juga tidak efektif untuk melindungi pengendara dari air hujan karena modelnya yang mudah berkibar.

“Model jas hujan yang disarankan adalah model press agar lebih rapat dan tidak ada celah air masuk,” terangnya.

Pastikan Jas Hujan Pas dan Nyaman Dipakai

Sangatlah penting untuk memilih ukuran jas hujan yang mempengaruhi kenyamanan pengemudi, karena hal itu berpotensi untuk keselamatan pemakainya.

“Untuk itu, carilah ukuran jas hujan yang sesuai dengan bentuk tubuh, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil,” ujar Hariadi.

Ia menjelaskan, jas hujan yang terlalu besar akan menumpuk atau terlipat di beberapa bagian dan dapat tersangkut di roda maupun gir rantai.

“Sedangkan jas hujan yang terlalu kecil dapat membuat ruang gerak menjadi terbatas dan tidak berfungsi menutupi pakaian dan tubuh dari terpaan air hujan,” paparnya.

HALAMAN
12
Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya