liga 1

Diego Michiels Terancam 2 Sanksi Tegas dari Komdis PSSI

Diego Michiels terancam dua sanksi tegas dari Komisi Disiplin PSSI setelah melakukan pemukulan terhadap Striker Persija Jakarta Michael Krmencik

Featured-Image
Diego Michiels terancam dua sanksi berat komdis PSSI (Foto: Intsagram @diegomichiels24)

apahabar.com, JAKARTA – Kapten Borneo FC, Diego Michiels terancam mendapatkan sanksi tegas buntut dari pertikaiannya dengan striker Persija Jakarta, Michael Krmencik.

Sebelumnya, pada laga Persija Jakarta melawan Borneo FC dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-12 yang dilangsungkan di Stadion Sultan Agung, Bantul, terjadi perselisahan antara kedua pemain klub tersebut.

Perselisihan kedua pemain tersebut terjadi karena aksi tak terpuji dari Kapten Borneo FC, Diego Michiels yang meludahi dan memukul striker Persija, Michael Krmencik.

Hal tersebut membuat Krmencik merespons dengan balas meludahi wajah kapten Borneo FC itu. Namun, Diego Michiels yang tak terima, justru menampar Krmencik sehingga bomber Persija itu terjatuh.

Cuplikan Tayangan Insiden Diego Michiels dengan Michael Krmencik dari akun Twitter @BroadcastBola

Insiden tersebut sontak menarik perhatian juru pengadil lapangan. Wasit pun kemudian memberikan kartu kuning kepada Krmencik karena meludahi Diego.

Namun, Diego Michiels justru diganjar kartu merah oleh wasit karena dianggap meludah dan menampar pemain Persija itu.

Tak terima dengan keputusan wasit, Diego yang sudah disuruh keluar oleh wasit lantas semakin emosi dan melepaskan pukulan ke kepala Krmencik.

Buntut dari tindakannya tersebut, Diego Michiels kini dihantui oleh sanksi berat yang akan dijatuhkan kepada dirinya terkait insiden tersebut.

Baca Juga: Sentil Diego Michiels, Thomas Doll: Keputusan yang Tepat!

Jika merujuk pada Kode Disiplin PSSI tahun 2018, Pasal 49 perihal “Tingkah laku buruk terhadap pemain lawan dan orang-orang selain dari perangkat pertandingan”.

Dalam ayat satu, disebutkan “Termasuk sanksi skors secara otomatis yang timbul sebagaimana dimaksudkan Pasal 15 ayat (4) Kode Disiplin PSSI, maka jumlah sanksi skors secara keseluruhan terhadap siapa pun yang menerima kartu merah dalam keadaan-keadaan tertentu,”.

Dari tindakan pemukulan yang dilakukan oleh Diego Michiels termasuk kedalam kategori pelanggaran berat dalam kode Disiplin PSSI.

Dengan begitu, Kapten Borneo FC, Diego Michiels akan dijatuhkan sanski tegas dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI atas aksi pemukulannya terhadap Michael Krmencik.

1. Larangan Bermain Minimal Dua Pertandingan

Menurut Pasal 49 Ayat 1 Kode Disiplin PSSI, tindakan yang dilakukan oleh Diego Michiels merupakan termasuk tindakan kekerasan atau violent conduct.

Dalam aturan tersebut, Diego terancam akan mendapatkan hukuman larangan bermain minimal dua pertandingan.

“Sekurang-kurangnya 2 (dua) pertandingan karena melakukan penyerangan (seperti menyikut, memukul, menendang, dan sebagainya) terhadap pemain lawan atau orang lain selain dari perangkat pertandingan," bunyi aturan Komdis PSSI.

2. Sanksi Denda Minimal Rp10 juta

Tidak hanya hukuman larangan bermain, pemain naturalisasi Indonesia itu juga akan mendapatkan sanksi berupa denda dari Komdis PSSI.

Merujuk Pasal 49 Ayat 2 Kode Disiplin PSSI, jumlah denda yang bakal dibebankan kepada Diego Michiels minimal sebesar Rp10 juta.

“Sanksi denda minimal Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) diberikan terhadap semua tingkah laku buruk yang dilakukan terhadap pemain lawan atau orang selain perangkat pertandingan yang diatur dalam ayat 1 huruf a, b, c, d, dan e Pasal ini.

Editor
Komentar

Trending Posts

Lainnya